February 23, 2023
loading

Ketumbar, Si Mungil yang Kaya Manfaat

Posted by    admin

Biji ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang sering dipakai untuk aneka masakan khas Indonesia. Ketumbar dengan nama ilmiah Coriandrum Sativum, mempunyai aroma yang cukup menyengat. Ketumbar adalah tumbuhan rempah yang cukup popular. Buah nya yang kecil dikeringkan, diperdagangkan baik dengan cara dihaluskan atau tidak. Ketumbar adalah tanaman rempah yang popular dan memiliki berbagai macam manfaat selain sebagai bahan pelengkap dapur, rempah juga dapat digunakan untuk tanaman obat tradisional (Nugroho, 2015). Disamping dapat meningkatkan citarasa dan aroma pada suatu masakan, ketumbar juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat, sebab banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Ketumbar merupakan salah satu makanan dan tanaman herbal yang kaya akan nutrisi. Ketumbar bisa diolah menjadi jamu atau teh herbal. Dibalik ukuran nya yang mungil, rempah ini memiliki khasiat luarbiasa, mulai dari mengobati flu dan batuk, hingga mengurangi resiko penyakit jantung (Ray, 2016).

Beberapa kandungan di dalam ketumbar diantaranya adalah Antioksidan, Vitamin C, Vitamin K, Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium dan Tiamin. Salah satu kandungan biji ketumbar adalah senyawa Flavonoid yang memiliki efek menguntungkan sebagai antihipertensi dan deuretik (Momin, 2012). Ketumbar memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi kehidupan manusia. Sebagai obat dalam dapat diracik menjadi minuman berkhasiat yang dapat di konsumsi setiap hari, sedangkan sebagai obat luar dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, dengan cara di oles kebagian yang sakit (Faradiba, 2021). Beberapa manfaat dari ketumbar yang sudah banyak diketahui diantara nya, mampu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk kesehatan jantung, melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, melawan infeksi dan bermanfaat juga untuk kesehatan kulit dan rambut. Untuk wanita khasiat ketumbar ternyata sangat beragam, diantaranya adalah  memperlancar siklus menstruasi dan mengatasi masalah kesuburan, seperti PCOS (polysistic ovarian syndrome),  mencegah anemia, mencegah penuaan dini pada kulit, membuat rambut lebih bercahaya dan lembut, mencegah dan memperlambat kanker payudara, meredakan kecemasan dan menurunkan kolesterol serta  menurunkan gula darah (Faradiba, 2021).

Untuk mengonsumsi ketumbar, bisa menggunakannya dengan dua macam cara. Cara pertama dengan memasukkan ketumbar ke dalam makanan. Cara kedua adalah membuat teh ketumbar.Dengan semakin banyak nya orang yang beralih ke tanaman herbal maka ketumbar bisa menjadi salah satu pilihan untuk kondisi tertentu dan pastinya dengan takaran yang sesuai. Banyak  referensi yang mengangkat cara penggunaan ketumbar ini sebagai salah satu tanaman obat. Dikutip dari DTPH, 23 agustus 2022, air ketumbar umum nya aman dikonsumsi sebagai jamu atau minuman herbal untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun bukan berarti minuman herbal tidak memiliki efek samping, terutama jika sedang mengkonsumsi obat diabetes yang dapat menurunkan gula darah. Jika dikonsumsi berbarengan dengan air ketumbar, hal ini beresiko menyebabkan terjadi nya penurunan kadar gula darah secara drastis (hipoglikemia).

Ketumbar (Coriandrum sativum) memiliki kandungan di dalamnya, diantaranya adalah Antioksidan, Vitamin C, Vitamin K, Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium dan Tiamin. Salah satu kandungan biji ketumbar adalah senyawa Flavonoid selain popular sebagai bumbu dapur, ketumbar juga dapat di manfaat kan untuk berbagai kondisi kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan takaran yang benar. 

 
Penulis:
Dara Amelia, A.Md.

Referensi

DTPH, 2022. Manfaat air rebusan “Ketumbar (Coriandrum Sativum)” bagi Kesehatan

Faradiba, N (2021, September 19). Khasiat Ketumbar untuk Wanita

Momin, 2012. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 11, No.3 November 2016), 11(3), 174–185.

Nugroho, O. 2015. Efek Ekstrak Biji Ketumbar ( Coriandrum sativum L .) terhadap Histologi Pankreas Mencit ( Mus musculus L .) (November 2014).

Ray, R. 2016 Manfaat ajaib Ketumbar dan Merica, si kecil berkhasiat besar

  • Share to :